Renungan Harian Kristen Singkat

Kebaikan Tidak Bisa Menghapus Dosa


Renungan Kriaten Singkat  Sekedar berbagi Renungan Kristen

8. Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
9. itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.
10. Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya. (Efesus 2 :-10)

Beberapa minggu lalu  seorang pendeta bercerita bahwa dia pernah ditilang polisi. Dia tahu bahwa dia memang salah, menerobos lampu merah dengan sengaja karena sedang terburu-buru. Kebetulan ada polisi yang segera menyetopnya. Ketika polisi itu melihat identitasnya sebagai pendeta, tetap saja menilangnya. Kebaikannya pada jemaat, kerajinannya untuk baca alkitab, kesetiaannya kepada istri, kesetiaannya membayar pajak, bahkan alasannya terburu-buru untuk menengok jemaat yang kritis, sehingga melanggar lampu merah,  tidak menjadi suatu pertimbangan bagi polisi untuk tidak menilangnya. Sebab melanggar lampu merah tetap kesalahan yang membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengendara lainnya. 

Dosa tetaplah dosa. Dosa tidak bisa dibayar dengan kebaikan.  Kita tidak bisa menutupi aib dan dosa kita dengan perbuatan banyak kebajikan. 

Lalu dengan apakah dosa dihapus? Alkitab mencatat hanya 2 hal yang menghapus dosa kita, yaitu :
  • Berdoa mengakui dosa kita
  • Menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita
Banyak orang yang belum percaya berkata, kenapa kita perlu Yesus? Bukankah berdoa mengaku dosa saja cukup? Bahkan banyak orang yang beragama lain menganggap kebaikan bisa menghapus dosa Tapi Alkitab kita mencatat lain. Alkitab perjanjian lama mencatat demikian :



5. Jadi apabila ia bersalah dalam salah satu perkara itu, haruslah ia mengakui dosa yang telah diperbuatnya itu,
6. dan haruslah ia mempersembahkan kepada TUHAN sebagai tebusan salah karena dosa itu seekor betina dari domba atau kambing, menjadi korban penghapus dosa. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu karena dosanya.
7. Tetapi jikalau ia tidak mampu untuk menyediakan kambing atau domba, maka sebagai tebusan salah karena dosa yang telah diperbuatnya itu, haruslah ia mempersembahkan kepada TUHAN dua ekor burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati, yang seekor menjadi korban penghapus dosa dan yang seekor lagi menjadi korban bakaran. (Imamat 5 : 5-7)

Bukankah manusia sering melakukan salah? Anda bisa menghitung berapa kali dalam sebulan Anda berbuat dosa? Kalau begitu berapa banyak kambing atau domba, atau burung merpati harus kita sediakan untuk menghapus dosa kita seumur hidup?

Tapi untunglah Allah telah berprakarsa agar manusia bisa dengan mudah mengaku dosa di hadapan Allah. Yaitu dengan pengorbanan Yesus di atas salib. Alkitab mencatat tentang pengorbanan Yesus di atas kayu salib :

18. Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
19. melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat. (1 Petrus 1 : 18-19)

Melalui pengorbanan Kristus di atas kayu salib, kita yang berbuat dosa memperoleh keberanian untuk datang ke hadapan Allah, mengakui dosa kita tanpa harus mempersembahkan kambing, domba, burung tekukur atau burung merpati. Hutang dosa kita sudah dibayar oleh Kristus dengan pengorbanannya di atas kayu salib.

Dan dengan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, kita beroleh jaminan pengampunan dosa. Akuilah dosa kita di hadapan Allah saat kita sadar telah berbuat dosa, maka janji Tuhan :

9. Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. (1 Yohanes 1 : 9)
 

RENUNGAN KRISTEN. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com