Renungan Harian Kristen Singkat

Berpikir Positif


Berbagi Renungan Kristen : Sekedar berbagi Renungan Kristen

6. Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
7. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.
8. Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. (Filipi 4 : 6-8)

Ayo kita Semangat!!!
Istri saya bercerita bahwa dulu ia suka menganggap pekerjaan di kantor sebagai beban, ia mengeluhkan pembagian pekerjaan di kantor yang dirasa tak adil. Pekerjaan rasanya lambat sekali menyelesaikannya, bertumpuk-tumpuk, dan tidak selesai-selesai. Yang ini belum selesai tugas baru sudah datang. Dia sempat putus asa dan merasa ingin menyerah.  Suatu saat dia diingatkan oleh kotbah pendeta untuk mensyukuri pekerjaannya, masih banyak orang yang menganggur. Maka istri saya mulai berusaha menikmati pekerjaannya. Hasilnya sungguh luar biasa, pekerjaan yang tadinya terasa sulit bisa dilakukan dengan mudah, bahkan semua masalah bisa diselesaikan cepat karena pikirannya jernih. Pekerjaan yang bertumpuk bisa diselesaikan dengan tuntas karena konsentrasi yang baik juga menghindarkan kesalahan.

Tidak diragukan lagi manfaat berpikir positif bagi kemajuan bisnis dan karier. Bahkan banyak motivator bisnis terkenal selalu mengajarkan pentingnya berpikir positif. 

Alkitab juga mengajarkan kita untuk selalu berpikir positif :"....semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu." (Filipi 4 : 8)

Masalahnya apakah kita bisa berpikir positif bila kita sedang berhadapan dengan kenyataan pahit? Memang tidak mudah berpikir positif bagi orang dunia, tapi bagi umat Tuhan harusnya berpikir positif itu suatu yang mudah. Kuncinya adalah kita harus mempunyai iman kepada kuasa Tuhan.

Perintah berpikir positif di Filipi 4 di atas dicatat sebagai rangkaian dengan perintah Tuhan:" Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus." (Filipi 4 : 6-7)

Mungkin orang dunia bisa menyerah, dan berkata aku ingin mati, tapi orang Kristen harus tetap punya semangat untuk berani menghadapi masalah. Mengapa? Karena ada Tuhan yang senantiasa berjalan bersama kita di kala suka dan duka. Tuhan mau kita membagi beban kita dengan-Nya melalui doa kita. Apa pun kebutuhan kita, Tuhan pasti tolong. Kita harus ingat bahwa tidak ada persoalan yang lebih besar dari kuasa Tuhan.

Memang kalau kita mengandalkan diri kita sendiri, pastilah kita tak akan tahan menanggung persoalan hidup yang berat. Tapi sekali lagi Alkitab mengingatkan, Tuhan telah menawarkan diri untuk menemani kita mengarungi dunia yang paling gelap sekali pun.  Bagilah beban kita dengan Tuhan agar terasa ringan.

Janganlah kuatir, sebab Tuhan telah berjanji untuk menolong kita. Peganglah janji Tuhan, karena Tuhan tak pernah bohong.

Alkitab mencatat banyak janji Tuhan yang selalu menguatkan kita untuk selalu semangat, optimis, dan berpikir positif, antara lain :
  • Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. (Yeremia 29 : 11)
  • Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. (Yohanes 15 : 7)
  • Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah. (Mazmur 55 : 22)
  • Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. (1 Yohanes 1 : 9)
  • Dan masih banyak janji Tuhan lainnya.

Maka berpikirlah positif. Saat masalah menekan dengan beratnya, segeralah pasrahkan segalanya kepada Tuhan dalam doa. Pasti Tuhan akan bertindak menolong kita. 

Tuhan sudah berjanji, dan Dia tidak pernah ingkar janji. Firman Tuhan tidak pernah berubah, janji Tuhan adalah ya dan amin, selama-lamanya....

Maka berpikirlah positif senantiasa....Sebab Tuhan pasti menolong kita....





 

RENUNGAN KRISTEN. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com