Renungan Harian Kristen Singkat

Alkitab Sumber Ilmu Pengetahuan


Renungan Kristen : Sekedar Berbagi Renungan Kristen

Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman! (Yesaya 40 : 22)

It is he that sitteth above the circle of the earth, and the inhabitants thereof are as grasshoppers; that stretcheth out the heavens as a curtain, and spreadeth them out as a tent to dwell in; (Isaiah 40 :22 Terjemahan Inggris versi American Standard Version)

It is he that sitteth upon the circle of the earth, and the inhabitants thereof are as grasshoppers; that stretcheth out the heavens as a curtain, and spreadeth them out as a tent to dwell in: (Isaiah 40:22 Terjemahan Inggris versi King James)

Kalau kita mau mendalami, ternyata Alkitab juga memuat banyak fakta ilmu pengetahuan yang baru diungkap oleh ilmu pengetahuan modern beberapa abad terakhir. Salah satunya adalah fakta bahwa bumi itu bulat. Kita tahu bahwa fakta bahwa bumi bulat baru menjadi teori dari para filsuf Yunani di abad ke 14, yang kemudian mulai diyakini oleh orang Eropa di abad ke 15 berdasarkan hepotesa dari Aristoteles. Pelayaran Columbus di abad ke 15 dan penerbangan Apolo 11 tahun 1969 baru menjadi bukti nyata mengenainya.


Tapi tahukah anda, bahwa Alkitab sudah menyatakan bahwa bumi itu bulat sejak tahun 125 sebelum masehi (Gulungan Yesaya Besar atau Gulungan Laut Mati diperkirakan dibuat 125 Sebelum Masehi. Bahkan ayat 40 ini ditulis sebelum itu, yaitu sebelum orang Yahudi dibuang ke Babel ). Alkitab telah mengklaim bahwa bumi itu bulat 1.500 tahun sebelum ilmu pengetahuan moden menemukannya.

Fakta bumi itu bulat bukan satu-satunya fakta pengetahuan modern yang sudah dinyatakan dalam Alkitab jauh sebelum ilmu pengetahuan modern menyatakannya. Ada fakta lain bahwa Adam, bukanlah manusia pertama yang menghuni bumi. Fakta ini bisa kita temukan di Kejadian 4 ayat 1-17 dan Kejadian 6 ayat 1-4 sebagai berikut :

1. Kemudian manusia(Adam) itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: "Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN."
2. Selanjutnya dilahirkannyalah Habel, adik Kain; dan Habel menjadi gembala kambing domba, Kain menjadi petani.
3. Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanah itu kepada TUHAN sebagai korban persembahan;
4. Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu,
5. tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.
6. Firman TUHAN kepada Kain: "Mengapa hatimu panas dan mukamu muram?
7. Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya."
8. Kata Kain kepada Habel, adiknya: "Marilah kita pergi ke padang." Ketika mereka ada di padang, tiba-tiba Kain memukul Habel, adiknya itu, lalu membunuh dia.
9. Firman TUHAN kepada Kain: "Di mana Habel, adikmu itu?" Jawabnya: "Aku tidak tahu! Apakah aku penjaga adikku?"
10. Firman-Nya: "Apakah yang telah kauperbuat ini? Darah adikmu itu berteriak kepada-Ku dari tanah.
11. Maka sekarang, terkutuklah engkau, terbuang jauh dari tanah yang mengangakan mulutnya untuk menerima darah adikmu itu dari tanganmu.
12. Apabila engkau mengusahakan tanah itu, maka tanah itu tidak akan memberikan hasil sepenuhnya lagi kepadamu; engkau menjadi seorang pelarian dan pengembara di bumi."
13. Kata Kain kepada TUHAN: "Hukumanku itu lebih besar dari pada yang dapat kutanggung.
14. Engkau menghalau aku sekarang dari tanah ini dan aku akan tersembunyi dari hadapan-Mu, seorang pelarian dan pengembara di bumi; maka barangsiapa yang akan bertemu dengan aku, tentulah akan membunuh aku."
15. Firman TUHAN kepadanya: "Sekali-kali tidak! Barangsiapa yang membunuh Kain akan dibalaskan kepadanya tujuh kali lipat." Kemudian TUHAN menaruh tanda pada Kain, supaya ia jangan dibunuh oleh barangsiapapun yang bertemu dengan dia.
16. Lalu Kain pergi dari hadapan TUHAN dan ia menetap di tanah Nod, di sebelah timur Eden.
17. Kain bersetubuh dengan isterinya dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Henokh; kemudian Kain mendirikan suatu kota dan dinamainya kota itu Henokh, menurut nama anaknya.
.(Kejadian 4 ayat 1-17)



1. Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan,
2. maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.
3. Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja."
4. Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.(Kejadian 6 ayat 1-4)

[1] And it came to pass, when men began to multiply on the face of the earth, and daughters were born unto them,
[2] That the sons of God saw the daughters of men that they were fair; and they took them wives of all which they chose.
[3] And the LORD said, My spirit shall not always strive with man, for that he also is flesh: yet his days shall be an hundred and twenty years.
[4] There were giants in the earth in those days; and also after that, when the sons of God came in unto the daughters of men, and they bare children to them, the same became mighty men which were of old, men of renown. (Kejadian 6 ayat 1-4 King James Version)


Dalam Alkitab di kejadian 4 : 14 di atas Kain mengatakan ketakutannya kalau ia dihalau dari kaum keluarganya, ia takut dibunuh orang yang ditemuinya. Tapi siapa orang yang akan ditemuinya, bukankah saat itu Adam dan Hawa baru mempunyai anak Kain dan Habel, dan Habel telah mati dibunuh oleh Kain? Apakah artinya Kain takut dibunuh oleh Adam, Hawa atau adik-adiknya sendiri ? Lalu di Kejadian 4 ayat 17, dikatakan bahwa Kain menikah dengan seseorang dan mempunyai anak, yaitu Henokh. Apakah artinya Kain menikah dengan adiknya sendiri? Kalau Adam dan Hawa memang benar manusia pertama, maka berarti Kain pasti menikah dengan adiknya sendiri, yang artinya semua manusia lahir dari Incest (perkawinan antara saudara sekandung anak-anak Adam dan Hawa). Tapi Alkitab di atas menjelaskan bahwa Henokh, yaitu cucu pertama Adam bukan lahir dari Incest, tapi dari perkawinan Kain dengan wanita lain yang ditemuinya saat pembuangan. Jadi jelas Adam dan Hawa bukan manusia pertama.

Hal itu lebih jelas diberitakan di Kejadian 6 : 1-4, dimana dikatakan ada anak-anak manusia dan anak-anak Allah yang telah melakukan perkawinan silang. Anak-anak Allah dipakai merefleksikan sebagai anak-anak keturunan darah dari Adam dan Hawa, yaitu manusia yang diciptakan sejak mula sebagai jemaat Allah dan umat pilihan Allah.  Sedangkan ada manusia lain yang sudah ada di dunia sebelumnya, dan tidak disebut sebagai anak-anak Allah. Kata-kata anak Allah inilah yang kemudian diadopsi untuk sebutan orang-orang Kristen jaman sekarang, untuk membedakannya dengan manusia lain yang bukan jemaat Allah dan bukan umat pilihan Allah.

Ilmu pengetahuan modern telah mengamini apa yang dikatakan Alkitab  tadi dengan ditemukannya beberapa species manusia purba, seperti manusia Meganthropus, manusia Pithecantropus Erectus, manusia Neandhertal dan beberapa spesies manusia purba lainnya.


Tengkorak Manusia Purba di Museum Gajah

Evolusi Manusia menuju manusia modern

Maka bila di You Tube beredar banyak video tokoh agama lain yang mengklaim bahwa Alkitab adalah buatan manusia, kita sebagai umat Kristen harus mampu mempertahankan iman kita masing-masing dan tidak terpengaruh oleh hujatan-hujatan tersebut. 

Fakta seperti ini tidak mungkin ditulis tanpa campur tangan Tuhan. Kita meyakini bahwa semua tulisan Alkitab tersebut telah dilhami oleh Roh Kudus.  Sebab memang hanya Tuhan yang Maha Tahu akan segalanya.

Renungan Kristen
 

RENUNGAN KRISTEN. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com