Renungan Harian Kristen Singkat

Keluarga Yang Harmonis


Renungan Kristen : Sekedar Berbagi Renungan Kristen

17. Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.
18. Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan.
19. Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.
20. Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.
21. Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.(Kolose 3 : 17-21)

Saat Bunda Theresa dari Calcuta India menerima hadiah Nobel Perdamaian tahun 1979, ia menolak hadiah uang yang biasa diterima oleh pemenang Nobel, dan meminta uang itu untuk disumbangkan ke yang membutuhkan. Lalu salah satu panitia Nobel bertanya kepadanya,"Kalau begitu apakah yang bisa kami lakukan untuk membantu anda?" Bunda Theresa menjawab, "Pulanglah ke rumahmu dan kasihilah keluargamu di rumah!"

Memang benar apa yang dikatakan oleh Bunda Theresa, selain dipanggil untuk mengasihi orang lain, orang Kristen terpanggil terutama dan pertama-tama, untuk mengasihi keluarganya di rumah. Sebuah keluarga yang saling mengasihi dan harmonis adalah suatu kesaksian tentang kasih yang akan menginspirasi orang lain untuk memuliakan Allah. Sebab melalui mengasihi keluarga, kita sudah menjadi pelaku-pelaku firman yang bukan sekedar berkata-kata.

Sebuah data dari Bimas Kementerian Agama Indonesia, di tahun 2012 jumlah perceraian pasangan yang menikah sah secara hukum negara mencapai sekitar 250.000 kasus. Ini tak termasuk orang-orang yang nikah siri atau tidak mencatatkan pernikahannya di KUA. Artinya dari sekitar 250.000.000 penduduk Indonesia, 500.000 orang melakukan perceraian di tahun 2012. Itu sama saja dengan 1 : 500 penduduk Indonesia melakukan perceraian di  tahun 2012 lalu. Tentu di dalamnya termasuk umat Kristiani yang melakukan perceraian. 1 dari 500 penduduk Indonesia melakukan perceraian dalam setahun adalah sebuah angka yang ironis untuk dilihat.

Masalah maraknya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) , kenakalan remaja, perkelahian di antara pelajar, penyalahgunaan obat terlarang, perselingkuhan, perkosaan remaja dan banyak lagi kejadian lainnya, telah mengisyaratkan betapa kemajuan jaman telah menimbulkan banyak efek negatif pada hubungan keharmonisan dalam keluarga. Kalau tidak dijaga dengan segera, bukan tidak mungkin anda akan termasuk hitungan 1 diantara 500 penduduk Indonesia yang bercerai di tahun-tahun berikutnya.

Maka sudah saatnya kita sebagai umat Kristiani harus mulai memperhatikan keluarga kita lebih lagi. Kolose 3 : 17-21 memberikan kita pelajaran bagaimana seharusnya kita menjaga keutuhan keluarga kita. Syarat utama keluarga Kristen yang bahagia adalah ada Tuhan di tengah keluarga. Seperti Kolose 3 ayat 17 katakan," Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita." Tanpa kehadiran Tuhan di tengah keluarga, maka kasih kita terhadap keluarga akan sulit terbentuk.

Syarat selanjutnya di Kolose 3 ayat 18-21 adalah suatu yang sangat logis diperlukan untuk sebuah keluarga harmonis : istri harus taat kepada suami, suami harus mengasihi istri dan tidak berlaku kasar kepadanya, anak-anak harus taat kepada orang tua, dan orang tua tidak boleh menyakiti hati anaknya. Kalau ini bisa dijaga dan dijalankan, tentunya tanpa melupakan syarat utamanya, yaitu kehadiran Tuhan dalam rumah tangga, maka keluarga Kristen pasti akan menjadi keluarga yang harmonis, rukun, dan sejahtera lahir dan batin.

Membagi kasih kepada orang lain tidak perlu muluk-muluk dengan menginjili orang lain di pulau terpencil...... Mulailah dari yang terdekat, yaitu mengasihi seisi rumah anda, lalu tetangga anda dan orang-orang lain di sekitar anda berada......

Renungan Kristen


 

RENUNGAN KRISTEN. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com