Renungan Harian Kristen Singkat

Garam dan Terang Dunia


Renungan Kristen : Sekedar Berbagi Renungan Kristen


13. "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.
14. Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.

15. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.

16. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga." (Matius 5 : 13-16)

Dalam satu forum beberapa waktu lalu, saya menegor seseorang yang memakai gambar Tuhan Yesus  sebagai logonya, tapi komentarnya mendukung lokalisasi pelacuran. Ya, buat pemikiran beberapa pihak lokalisasi pelacuran mungkin bagus, dengan alasan supaya penyakit akibat seks bisa dilokalisasi di satu tempat. Masalahnya bagi seorang yang memakai gambar Yesus sebagai logo dirinya, semestinya ia sadar bahwa orang lain pasti akan menyorotinya sebagai murid Kristus. Lalu apakah Kristus pernah menganjurkan pelacuran atau zinah di dalam Alkitab? Bukankah keberadaan  lokalisasi pelacuran tak lain hanyalah sebuah alasan untuk membenarkan sebuah dosa?

Ada juga tetangga di kontrakan kami di Sudirman, yang dikenal sering mengadakan kebaktian di rumahnya. Tapi ia juga dikenal di kompleks sebagai orang kaya yang pelit, tak mau bayar iuran sampah malahan menaruh sampah-sampahnya di bak sampah tetangga. Ia juga dikenal suka  memarahi pegawai-pegawainya di pinggir jalan dengan berteriak-teriak sehingga didengar banyak orang. Sungguh kesaksian yang tak baik buat lingkungan sekitarnya. Apalagi orang mengenalnya sebagai Orang Kristen yang sering mengadakan kebaktian di rumahnya...

Sadarkah anda siapakah kita ini sebenarnya? Tahukah anda tentang siapakah Orang Kristen menurut Tuhan Yesus Kristus?  Yesus dalam Matius 5 : 13-16 menegaskan kepada kita, bahwa Orang Kristen itu adalah "Garam dan Terang Dunia."

Apa itu "Garam dan Terang Dunia"?
 
Kita tahu fungsinya garam, yaitu sebagai pemberi rasa enak pada makanan, dan sekaligus sumber beberapa mineral penting bagi tubuh kita. Garam ditambahkan ke makanan agar rasanya tidak hambar, tapi nikmat. Sebagai "Garam Dunia", Orang Kristen harus membuat lingkungan di sekitarnya menjadi lebih indah. Orang Kristen harus membuat orang-orang lain di sekitarnya merasakan berkat Tuhan melalui kehadirannya. Tuhan Yesus di Matius 5 : 13 mengatakan demikian :"Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang..." Jadi kalau sebagai Orang Kristen, kehadiran kita tak menjadi berkat bagi orang lain di sekitar kita, apakah gunanya kita bagi Tuhan? Dan apakah arti kehadiran kita bagi dunia? 

Dalam Matius 5 : 14-15, Tuhan Yesus juga mengatakan bahwa Orang Kristen itu adalah "Terang Dunia", Terang selalu menerangi jalan agar orang yang berjalan di sana tidak tersesat. Menjadi "Terang Dunia" berarti  kita harus menjadi teladan dan panutan yang baik bagi lingkungan sekitar kita. Kita harus menyuarakan kebenaran dan keadilan di tengah dunia yang penuh dengan kesesatan. Kalau Orang Kristen justru ikut hanyut sebagai pelaku-pelaku ketidakadilan, atau menjadi pelaku-pelaku kesesatan, lalu apa gunanya kehadiran kita di dunia bagi Tuhan? Apa artinya kehadiran kita di dunia sebagai pembawa terang bagi orang lain?

Suka atau tidak suka, saat kita memperkenalkan diri kita sebagai Orang Kristen, orang akan mencari jejak Kristus di dalam diri kita. Pengikut Kristus yang baik harus bisa menerangi jalan orang lain yang tersesat, sehingga mereka melihat jalan menuju Kristus. Orang Kristen yang baik harus mampu menunjukkan jejak-jejak Kristus di dalam dirinya untuk diikuti oleh orang lain, agar orang lain juga diselamatkan.....

Maka dalam Matius 5 : 16, Tuhan Yesus menegaskan demikian :" Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga." 

Sudahkah kehidupan kita menunjukkan jejak-jejak Kristus bagi orang lain di sekitar kita? Sudahkah tindakan kita membuat orang lain ikut memuliakan Allah? 

Ingatlah bahwa kita ini adalah "Garam Dunia" Garam Dunia harus bisa membuat orang-orang di sekitar kita ikut merasakan berkat dan penyertaan Tuhan. Tapi Garam yang menjadi tawar tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang....

Renungan Kristen

 

RENUNGAN KRISTEN. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com