Renungan Harian Kristen Singkat

Hormatilah Ayah dan Ibumu


Renungan Kristen Singkat : sekedar berbagi Renungan Kristen Singkat

16. Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. (Ulangan 5 : 16)

Dahulu kala di Jepang ada kebiasaan untuk membuang orang tua yang sudah lumpuh dan pikun ke dalam hutan, agar tak merepotkan anak-anaknya. Suatu ketika ada seorang pemuda menggendong ibunya yang sudah renta ke dalam hutan untuk meninggalkannya di sana. Sepanjang perjalanan ke hutan, si ibu yang agak lumpuh mengerahkan seluruh tenaganya untuk mematahkan beberapa ranting pohon di sepanjang perjalanan. Sampai di tengah hutan, sang pemuda menurunkan sang ibu dari gendongannya, dan mengucapkan kata perpisahan sebelum meninggalkannya. Sang ibu menjawabnya demikian,"Nak, sejak kecil Ibu sangat mengasihimu, begitu pun sekarang walau ibu tahu apa yang akan kamu lakukan pada Ibu. Sepanjang perjalanan tadi Ibu telah mematahkan ranting  pohon agar kamu tidak tersesat untuk keluar dari hutan ini. Ikutilah tanda yang telah ibu tinggalkan itu agar engkau bisa segera bertemu anak dan istrimu di rumah." Mendengar perkataan sang Ibu, si pemuda itu langsung menangis dan meminta maaf pada ibunya. Ia pun menggendong kembali sang ibu ke rumahnya, dan merawatnya sampai sang ibu meninggal dunia.

Kasih orang tua sungguh sangat besar bagi kita. Walau ada orang tua yang mendidik dengan cara keras, atau seakan mengekang kita, tapi sesungguhnya mereka melakukannya karena kasihnya pada kita, supaya suatu saat kita menjadi orang yang berhasil. Mungkin juga kita pernah sakit hati pada tindakan orang tua kita, tapi itu pun bukan suatu alasan untuk durhaka pada orang tua kita.

Sebab semua manusia lahir sebagai bayi yang telanjang, tidak punya apa-apa, dan tidak bisa melakukan apa-apa, termasuk untuk melindungi dirinya. Kalau kita bisa bertahan hidup sampai dewasa, semua itu tak lain karena jasa orang tua kita. 

Bagaimana kalau bayi lapar? Apa ia bisa berjalan untuk minta susu pada tetangga? Bagaimana kalau bayi kedinginan? Apa ia bisa memakai selimut sendiri? Bagaimana kalau ada semut di kulit bayi, apa dia bisa melindungi dirinya dari gigitan semut? Apalagi kalau bayi sakit, apa ia bisa merawat dirinya sendiri dan minum obat sendiri?

Kasih orang tua tidak terbatas saat kita bayi. Kita bisa berjalan, bicara, bersosialisasi, berdandan, itu tak lepas dari jasa orang tua yang mendidik kita. 

Pria bisa terlihat gagah di muka istri dan teman-temannya karena perlindungan orang  tua saat kecil, bayangkan bila saat bayi kita ngompol dan orang tua kita tak mau mengganti popok kita, apa kulit kita tidak akan penuh borok dan penuh penyakit? Seorang wanita terlihat cantik dihadapan suami dan teman-temannya juga pasti karna jasa orang tuanya, bayangkan kalau waktu kita bayi, orang tua kita tidak mau merawat rambut kita, mungkin setelah  dewasa rambut kita akan botak dan menjadi gembel.

Jadi wajarkah bila saat orang tua kita sudah tua dan pikun, kita merasa repot untuk mengurus mereka? Atau wajarkah kita merasa orang tua kita adalah orang yang tidak berguna? Atau bagi yang orang tuanya dari kampung, wajarkah kalau kita malu mengakui mereka di depan kawan-kawan bisnis kita sebagai orang tua? Apalagi memperlakukan orang tua kita seperti pembantu, wajarkah itu?  

Tak heran kalau Allah sangat ingin agar kita menghormati ayah dan ibu kita. Bahkan menghormati orang tua termasuk dalam "10 perintah Allah" yang paling utama, yang disampaikan kepada bangsa Israel melalui Musa, seperti tercantum di Ulangan 5 : 16 di atas.

Maka bagi anda yang masih memiliki orang tua, senangkanlah orang tua anda dengan kasih sayang yang sepenuhnya. Bahagiakanlah mereka senantiasa. Senyuman dan kasih sayang Anda bagi orang tua saat mereka hidup, jauh lebih berarti bagi mereka, daripada ribuan kuntum bunga mawar yang anda persembahkan di atas pusara mereka, saat mereka sudah meninggal dunia.

Selamat mengasihi orang tua Anda!
 

RENUNGAN KRISTEN. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com