Renungan Harian Kristen Singkat

Jangan Mendekati Zinah


 Renungan Kristen : Sekedar Berbagi Renungan Kristen

27. Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah.
28. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.(Matius 5 : 27-28)

Dalam laporan koresponden BBC Dong Le, sekolah menengah di Kota Hangzhou melarang murid laki-laki dan perempuan berdekatan. Mereka hanya boleh berbicara dengan lawan jenis dengan batas terdekat maksimal setengah meter. Bila lebih dari itu, mereka bakal dihukum.

Sementara sekolah lainnya di Kota Wenzhou, Provinsi Zhejiang memberlakukan aturan bahwa para siswa dilarang melakukan kontak jarak dekat. Bagi yang melanggar, maka akan diberi sanksi berat.

Aturan-aturan tersebut, seperti dimuat BBC, Senin (7/10/2013), diputuskan dengan mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya bahwa siswa yang berusia 11 tahun sedang masa-masa pubertas. Ditambah lagi, laporan banyaknya siswa yang berpacaran.

Ternyata larangan semacam ini tidak hanya berlaku di Cina. Kabarnya ada juga beberapa State di Amerika Serikat yang memberlakukan larangan bagi pelajar pria dan wanita untuk berjalan berduaan. Dan wacana tentang tindakan asusila di kalangan pelajar ternyata juga dialami di Indonesia. Akibatnya di sebuah kota di Sumatera, timbul pro dan kontra setelah Kepala Dinas Pendidikan Daerahnya mencanangkan akan diadakannya test keperawanan bagi calon siswi SMP dan SMU di daerah tersebut,

Semua hal itu terjadi karena banyaknya "cinta monyet" di kalangan pelajar, yang kadang kala menjurus kepada tindak asusila. Sebuah ironi bahwa sering ditemukan pelajar pria dan wanita di bawah umur melakukan hubungan selayaknya orang dewasa. Video mesum hubungan intim di bawah umur bertebaran di internet. Akibatnya bukan rahasia umum, sering ditemukan adanya pelajar putri yang hamil di luar nikah.

Mengenai hal ini, Yesus juga sudah memerintahkan umat Kristen untuk menjauhi zina. Dalam Matius 5 : 27-28, Yesus mengajarkan bahwa kalau seorang pria melihat perempuan dan mengingininya, ia sudah berzinah dengan perempuan itu di dalam hatinya. Artinya kalau seorang pria melihat perempuan, dan sampai timbul pikiran kotor di dalam pikirannya, maka ia harus segera sadar bahwa Iblis sudah menjeratnya. Kita ingat yang terjadi pada Raja Daud, saat ia melihat Batsyeba mandi, maka timbul niat di hatinya untuk berbuat zinah. Hari itu juga Daud sudah berzinah dengan Batsyeba, yaitu saat ia memanggil wanita itu dan tidur bersamanya.

Alkitab juga sangat menjunjung tinggi etika dalam hubungan pria dan wanita. Salah satu contohnya adalah dalam hal ajaran tentang berdoa. Yesus mengajarkannya demikian :

19. Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.

20. Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."(Matius 18 : 19-20)

Kita tahu bahwa Yesus mengajarkan kita berdoa di tempat tersembunyi, supaya tidak diketahui oleh orang lain. Dan kita dianjurkan untuk berdoa bersama. Tapi Yesus tidak pernah mengajarkan agar sepasang pria dan wanita yang belum dalam ikatan pernikahan berduaan dalam ruangan tertutup dengan alasan untuk berdoa bersama. Maka dalam Matius 18 : 20 jelas dikatakan bahwa, "Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."

Mengapa dalam Matius 18 ayat 20 tersebut dikatakan "sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul...." (bandingkan dengan "dua orang" di ayat 19)? Artinya kalau sepasang pria dan wanita yang belum menikah mau berdoa bersama, mereka harus mengajak seorang teman yang lain, agar mereka tidak berduaan di tempat tertutup.

Melalui Matius 18 : 19-20, secara tersirat Yesus mengajarkan agar sepasang pria dan wanita yang belum menikah tidak berduaan di ruang tertutup. Kalau berdoa berduaan di ruang tertutup saja tidak dibolehkan oleh Tuhan, apalagi untuk pacaran berduaan di ruang tertutup.

Kalau umat Tuhan mau mematuhi ajaran Tuhan agar menjauhi zinah, tentunya tindak asusila di kalangan pelajar bisa dihindarkan. Dan seharusnya pemuda dan pemudi Kristen bisa menjadi contoh yang baik bagi teman-temannya.

Renungan Kristen

Melihat
 

RENUNGAN KRISTEN. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com