Renungan Harian Kristen Singkat

Solusi Saat Sepertinya Tidak Ada Lagi Jalan




Renungan Kristen : Sekedar Berbagi Renungan Kristen

9. Kemudian datanglah Naaman dengan kudanya dan keretanya, lalu berhenti di depan pintu rumah Elisa.

10. Elisa menyuruh seorang suruhan kepadanya mengatakan: "Pergilah mandi tujuh kali dalam sungai Yordan, maka tubuhmu akan pulih kembali, sehingga engkau menjadi tahir."

11. Tetapi pergilah Naaman dengan gusar sambil berkata: "Aku sangka bahwa setidak-tidaknya ia datang ke luar dan berdiri memanggil nama TUHAN, Allahnya, lalu menggerak-gerakkan tangannya di atas tempat penyakit itu dan dengan demikian menyembuhkan penyakit kustaku!

12. Bukankah Abana dan Parpar, sungai-sungai Damsyik, lebih baik dari segala sungai di Israel? Bukankah aku dapat mandi di sana dan menjadi tahir?" Kemudian berpalinglah ia dan pergi dengan panas hati.

13. Tetapi pegawai-pegawainya datang mendekat serta berkata kepadanya: "Bapak, seandainya nabi itu menyuruh perkara yang sukar kepadamu, bukankah bapak akan melakukannya? Apalagi sekarang, ia hanya berkata kepadamu: Mandilah dan engkau akan menjadi tahir."

14. Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu. Lalu pulihlah tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak dan ia menjadi tahir.(2 raja-Raja 5 : 9-14)

Cerita tentang Naaman di Alkitab adalah kisah yang sangat menarik. Naaman adalah Panglima Bala Tentara Raja Aram, yang sangat disegani karena mahir beperang. Ia sangat disayangi oleh Raja Aram karena selalu membawa kemenangan bagi Aram dalam peperangan. Tapi Naaman menderita sakit kusta. Saat itu sepertinya sudah tak ada lagi jalan untuk kesembuhan bagi Naaman.

Pegawai istrinya, yang adalah gadis Israel yang menjadi tawanan berkata bahwa, kalau Naaman mau pergi ke Samaria menemui Elisa, yaitu seorang Nabi Allah, maka ia pasti akan sembuh. Maka Naaman dengan ijin Raja Aram pergi ke Samaria untuk menghadap Elisa.

Tapi saat sampai di sana, Elisa tak menemuinya, hanya menyuruh bujangnya keluar untuk memberitahu Naaman, kalau ia mau sembuh maka ia harus mandi dengan membenamkan dirinya di Sungai Yordan tujuh kali. Tapi Naaman gusar karena cara kesembuhan yang diajarkan oleh Elisa terdengar terlalu mudah. Ia gusar dan meremehkan apa yang diperintahkan oleh Elisa. Untunglah pegawai-pegawainya mengingatkan Naaman, bukankah perkara itu mudah dilakukan? Kalau pun yang diperintahkan sukar, apa Naaman tak mau melakukannya untuk sebuah kesembuhan yang tidak bisa ia dapat di tempat lain? Maka Naaman melakukan apa yang diajarkan oleh Elisa, dan ia pun memperoleh kesembuhan.

Apa yang dialami oleh Naaman mengingatkan kepada kita tentang anjuran untuk berdoa. Doa adalah solusi termudah untuk setiap kesukaran kita. Walau pun sepertinya sudah mustahil ada jalan keluar, kita masih punya satu harapan, yaitu dengan berdoa....Walau pun kelihatan sepele, janganlah kita meremehkan kekuatan dari sebuah doa....

Bukan artinya kita hanya perlu diam saja dan berdoa, maka kita akan mendapat apa yang kita perlukan. Kita memang harus berusaha melakukan suatu untuk mendapatkan apa yang kita perlukan. Tapi usaha itu tak pernah mudah, pasti banyak kendalanya. Seringkali usaha yang sudah kita lakukan dengan susah payah dan dengan perencanaan yang matang gagal, karena situasi di luar kuasa kita. Itulah sebabnya kita butuh pertolongan Tuhan, agar seluruh usaha kita diberkati Tuhan, agar semua kesulitan kita ada jalan keluarnya. Maka di saat seakan sudah tak ada jalan, kita masih bisa berharap....yaitu berharap kepada Tuhan. Di situlah pentingnya doa. Doa adalah sarana kita untuk menyampaikan keluh kesah kita kepada Tuhan........

Masalahnya apakah doa kita pasti didengar oleh Tuhan ? Alkitab mengatakan pasti ! Demikianlah apa yang dikatakan Yesus dalam Markus 11 : 22-24

22. Yesus menjawab mereka: "Percayalah kepada Allah!

23. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.

24. Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.(Markus 11 : 22-24)

Masalahnya lainnya adalah bagaimana caranya kita harus berdoa? Bagaimana caranya agar doa kita pasti dijawab Tuhan?

Mengenai bagaimana cara kita harus berdoa, Alkitab juga sudah mengajarkannya dengan jelas, yaitu :
  • Berdoa jangan supaya dipuji orang, tetapi sebaiknya dilakukan di tempat yang tidak dilihat orang (Matius 6 : 6)
  • Dendam terhadap orang lain menghalangi doa (Markus 11 : 25)
  • Jangan jemu-jemu untuk mendoakan keinginan kita (Lukas 18 : 1)
  • Berdoa dalam nama Yesus dan dalam kepercayaan kepada kuasa Yesus (Yohanes 16 : 26-27)
  • Berdoa bersama orang lain dalam doa yang sepakat (Matius 18 : 19-20)
  • Berdoa tidak boleh bertele-tele, seolah-olah curiga kalau Allah belum tahu yang kita butuhkan, tapi harus dengan keyakinan bahwa Allah telah lebih dahulu mengetahui apa yang kita butuhkan sebelum kita memintanya (Matius 6  : 7-8)
  • Berdoa harus memintanya dengan penuh kepercayaan (Matius 21 : 22)
  • Berdoa dengan keyakinan, bahwa kita pasti menerima apa pun yang kita butuhkan (Markus 11 : 24)

Itulah apa yang dikatakan oleh Firman Tuhan tentang doa. 

Jadi kalau kita punya kesusahaan, datanglah kepada Tuhan dalam doa di dalam Yesus, dengan memperhatikan apa yang telah diajarkan oleh Alkitab seperti tercantum di atas. Maka yakinlah Allah pasti akan memberikan jalan keluar dari segala permasalahan kita. 

Allah kita adalah Allah yang baik. Ia tak akan memberikan batu kepada anak-anak-Nya yang minta roti. Ia juga tak akan memberikan ular pada kita yang meminta ikan. Ia pasti akan mendengar doa kita, dan memberikan apa yang terbaik untuk kita. Apa pun kebutuhan kita pasti dipenuhi-Nya......Bahkan jawaban-Nya kadangkala jauh lebih baik dari apa yang kita harapkan......

Renungan Kristen

 

RENUNGAN KRISTEN. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com