Renungan Harian Kristen Singkat

Toleransi antar Umat Beragama


Renungan Kristen : Sekedar Berbagi Renungan Kristen

44. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

45. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.

46. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?

47. Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian?

48. Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna." (Matius 5 : 44-48)

Salah satu perintah Allah yang paling sulit untuk dilakukan, adalah perintah Allah di Matius 5 : 44-48 ini. Bagaimana tidak, kita diharuskan untuk mengasihi dan mendoakan orang yang menjadi musuh dan menganiaya kita.

Ayat ini sangat cocok dalam konteks pembicaraan tentang solidaritas antar umat beragama di Indonesia. Umat Kristen di Indonesia yang notabene adalah kaum minoritas, sering dimusuhi dan bahkan dianiaya. Kita ingat fakta atas adanya larangan berdirinya gereja di beberapa tempat di Indonesia. Dan juga fakta tentang banyaknya bangunan gereja yang dirusak saat terjadi kerusuhan, atau umat Tuhan yang mengalami tindakan kekerasan karena kepercayaannya.



Tapi sebagai umat Kristen, kita dingatkan untuk tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Kita tak perlu menyiapkan barisan pemuda Kristen untuk membela Tuhan dan Gereja. Tuhan kita adalah Tuhan yang Maha Kuasa yang tidak perlu dibela oleh umat-Nya. Ia bisa membela diri-Nya sendiri.

Dan soal apakah dunia membolehkan ajaran Yesus berkembang atau tidak, itu juga adalah bagian pekerjaan Tuhan. Walau ajaran Kristen akan dibelenggu, atau dilarang sama sekali pun, kalau Roh Tuhan sudah bekerja memanggil seseorang, tidak akan ada orang yang bisa melawan kehendak-Nya.

Lalu apakah bagian umat Tuhan ?

Bagian umat Tuhan hanyalah tetap setia pada firman Tuhan. Salah satunya adalah, melakukan perintah-Nya yang tercantum di Matius 5  : 44-48 tadi. Kita tidak boleh membalas kejahatan dengan kejahatan, Alkitab berkata bahwa kalau pun ada pembalasan atas kejahatan, itu adalah hak Allah,. Kita juga harus tetap berbuat baik kepada siapa pun, termasuk kepada orang yang telah memusuhi kita dan menganiaya kita. Dengan berlaku baik kepada semua orang, secara tidak langsung kita juga telah membagikan berita injil dan kasih Allah kepada dunia.

Sebab Alkitab menyatakan, bahwa Tuhan telah menerbitkan matahari untuk orang benar dan orang yang tidak benar. Dan Tuhan juga menurunkan hujan untuk orang benar dan orang yang tidak benar. Sebab Ia adalah Tuhan untuk semua orang, apa pun agamanya, entah ia itu orang benar atau pun orang tidak benar.

Apabila umat Kristen bisa mengasihi dan mendoakan musuhnya, niscaya dunia ini lambat laun akan aman. Dan dengan demikian, umat Kristen juga sudah melakukan bagiannya untuk ikut menjaga Toleransi antar umat beragama di Indonesia. Melalui tindakan mengasihi ini, orang lain akan menerima umat Allah sebagai kawan. Dan melalui umat Tuhan yang mengasihi, dunia akan mengenal siapa sebenarnya Allah kita, dan akan memuliakan-Nya.

Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."(Matius 5 : 16)
 

RENUNGAN KRISTEN. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com