Renungan Harian Kristen Singkat

Kapan Kiamat akan Datang?


Renungan Harian : Sekedar Berbagi Renungan Kristen

26. Jadi, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya.

27. Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.

28. Di mana ada bangkai, di situ burung nazar berkerumun."

29. "Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang.

30. Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.

31. Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.

32. Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat.

33. Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu.

34. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya ini terjadi.

35. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.

36. Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri."  (Matius 24 : 26-36)

Beberapa tahun lalu kita dikejutkan oleh ramalan kiamat atas dasar hitungan kalender suku Maya yang berakhir 2012. Namun kita bersyukur bahwa sampai saat Renungan ini ditulis, kiamat belum terjadi.  Namun ramalan kiamat itu bukanlah yang pertama dan terakhir. Sudah berkali-kali kita mendengarnya. 

Beredar banyak spekulasi bahwa kiamat akan terjadi tahun 2020, 2040, 2060, dan 2080. Uniknya semua tanggal yang ditawarkan dilengkapi oleh dalilnya masing-masing.  Bahkan ada yang mengklaim bahwa ramalan tersebut didasari atas prediksi dari ilmuwan besar, Sir Issac Newton. 

Ramalan akan datangnya kiamat tidak pernah akan berhenti datang dan pergi. "Skrenario seperti ini bakal terus menerus datang," kata John Hoopes, arkeolog dari University of Kansas, yang mempelajari tentang prediksi kiamat, seperti dimuat situs sains, Live Science, (20/2/2013).

Ramalan tentang kiamat juga pernah dilontarkan oleh orang-orang yang mengaku sebagai Pendeta, gembala umat Tuhan. Salah satunya adalah oleh Pendeta Harold Camping yang sudah dua kali melontarkan ramalan kiamat di tahun 1994 dan 2011, namun keduanya meleset. Akibatnya ramalannya, seorang jemaatnya mengaku menjadi bingung, karena ia sudah menguras semua tabungannya untuk mempublikasikan ramalan Camping. Ramalan lain dilontarkan Pendeta di Korea Selatan di tahun 1990-an, yang mengakibatkan para jemaatnya menjual semua assetnya dan menyumbangkannya ke gereja tersebut, namun kemudian pendeta itu lari ke luar negeri dengan uang bermilyar-milyar. Dan ketika kiamat tak terjadi, para jemaat yang tertipu itu bingung karena sudah tak memiliki apa-apa.

Alkitab secara khusus memberi penjelasan tentang datangnya hari kiamat. Dalam Matius 24 : 36, Yesus berkata,"... Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri. "(Matius 24 : 36). Yesus berkata bahwa baik malaikat mau pun diri-Nya tidak tahu tentang saat kiamat akan datang, maka artinya ramalan kiamat tak akan pernah ada di Alkitab. Kalau Sang Firman Allah Yang Hidup menyatakan tidak tahu saat datangnya kiamat, artinya saat datangnya kiamat itu tidak pernah diberitakan di Alkitab. Sekali lagi, datangnya hari kiamat tidak pernah ditulis secara tersirat atau pun tersurat dalam Alkitab. Kalau ada orang, biar jabatannya pendeta sekali pun meramalkan waktu datangnya kiamat berdasarkan teks Alkitab, sudah pasti ia adalah "seorang penipu."

Maka bagi kita orang Kristen, tidak perlu mengulik-ulik Alkitab untuk mencari kapan waktunya hari kiamat. Kita juga tak perlu mendengarkan ramalan-ramalan yang ditulis orang berdasarkan prediksi ilmiah sekali pun, karena Yesus sudah menegaskan tidak akan ada seorang pun yang tahu saatnya. Sebab tanpa kiamat pun, kita bisa dipanggil menghadap Tuhan hari ini, besok, lusa, atau kapan pun.

Tugas kita adalah bertobat hari ini juga, lalu senantiasa rajin berdoa, membaca firman Allah, mengaku dosa, hadir di pertemuan-pertemuan ibadah dan bergaul dengan saudara-saudara seiman, agar kita bisa saling menasehati, saling menguatkan, saling mendorong dalam perbuatan baik. Kalau itu sudah dilakukan semua, kita pasti siap kapan pun ajal akan mendatangi kita.

Renungan Kristen
 

RENUNGAN KRISTEN. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com