Renungan Harian Kristen Singkat

Pemimpin yang Kristiani


 Renungan Kristen : Sekedar Berbagi Renungan Kristen

24. Terjadilah juga pertengkaran di antara murid-murid Yesus, siapakah yang dapat dianggap terbesar di antara mereka.

25. Yesus berkata kepada mereka: "Raja-raja bangsa-bangsa memerintah rakyat mereka dan orang-orang yang menjalankan kuasa atas mereka disebut pelindung-pelindung.

26. Tetapi kamu tidaklah demikian, melainkan yang terbesar di antara kamu hendaklah menjadi sebagai yang paling muda dan pemimpin sebagai pelayan.

27. Sebab siapakah yang lebih besar: yang duduk makan, atau yang melayani? Bukankah dia yang duduk makan? Tetapi Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan. (Lukas 22 : 24-27)

Dalam kehidupan politik, orang seringkali berebut untuk bisa menjadi pemimpin. Mereka berkampanye, menjanjikan ini dan itu, dan menampilkan sikap simpatik agar dipilih oleh rakyat. Konon foto mereka di selebaran atau pamflet pun direkayasa dengan teknik fotografi tertentu supaya mereka terlihat simpatik. Tapi setelah terpilih, banyak yang melupakan janjinya kepada rakyat, yang diucapkannya saat kampanye dulu.

Hal ini wajar, karena pemimpin yang seperti itu, mencalonkan diri menjadi pemimpin bukan dengan niatan untuk melayani rakyat. Tapi untuk mengejar kepentingan pribadi atau golongannya. Banyak pula yang ingin menjadi pemimpin karena mendambakan menikmati fasilitas tertentu yang akan disediakan bagi seorang pemimpin. Dalam pandangan dunia, pemimpin adalah orang yang layak dihormati dan berhak mendapatkan pelayanan khusus di segala bidang. Banyak pemimpin dunia yang sering menuntut untuk diprioritaskan dalam mendapatkan haknya.

Dalam  Lukas 22 : 24-27, dinyatakan bahwa Yesus pernah menegur murid-muridnya yang memperebutkan posisi yang terbesar di antara mereka. Yesus justru mengajarkan bahwa seorang pemimpin adalah orang yang paling harus melayani diantara semuanya. Bahkan hal ini tidak hanya diajarkan-Nya dalam kata-kata, tapi Yesus juga mencontohkannya dalam tindakan nyata. Ia melayani murid-muridnya dalam sebuah jamuan makan, bahkan Ia membasuh kaki mereka sebelum jamuan dimulai. Padahal membasuh kaki saat itu hanya dilakukan oleh budak kepada majikannya.

Selain itu, Yesus juga mengajarkan agar seorang pemimpin berlaku seperti orang yang paling muda dari semua. Artinya seorang pemimpin tidak seharusnya menuntut penghormatan lebih atau perlakuan khusus. Yang ada justru seharusnya pemimpin mengedepankan pelayanan kepada yang dipimpinnya.

Melalui renungan ini, sudah seyogyanya orang Kristen yang dipercaya duduk dalam tampuk pimpinan, merubah pandangannya. Janganlah seorang memperebutkan suatu jabatan, kecuali dengan niat untuk melayani. Pemimpin Kristen juga tidak boleh menjadi orang yang gila hormat dan selalu menuntut perlakuan khusus. Sebaliknya ia harus selalu mendahulukan kepentingan rakyatnya daripada kepentingan pribadi atau golongannya. 

Seorang Pemimpin Kristen yang bisa meniru apa yang dicontohkan oleh Yesus pasti akan menjadi pimpinan yang selalu dicintai rakyatnya.


Renungan Kristen
 

RENUNGAN KRISTEN. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com